Apakah Anda berpikir untuk membeli atau mungkin sudah memiliki oven konveksi dan ingin tahu bagaimana cara kerjanya? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Banyak orang mendengar istilah “konveksi” tetapi mungkin belum sepenuhnya memahami perbedaannya dengan masakan konvensional. Namun, kegunaan convection oven ini beragam, tak heran banyak restoran menggunakannya.

Oven konveksi sebenarnya hampir mirip dengan oven konvensional. Keduanya memiliki satu sumber panas, biasanya terletak di bagian bawah oven. Akan tetapi, oven konveksi juga dilengkapi dengan kipas dan sistem pembuangan udara, yang tidak dimiliki oleh oven biasa.

Elemen-elemen tambahan ini berperan dalam mengalirkan udara panas di sekitar makanan, memberikan hasil masakan yang luar biasa. Apa manfaat dari cara memasak seperti ini?

Kegunaan Convection Oven Saat Memasak

1.    Waktu memasak lebih singkat

Convection oven memungkinkan memasak lebih cepat dan merata berkat sirkulasi udara panas merata, menghemat waktu dan energi dibandingkan dengan oven konvensional. Sebagai contoh, memanggang ayam utuh yang biasanya memakan waktu satu jam dalam oven konvensional mungkin hanya memerlukan 45 menit atau lebih singkat.

2.    Cocok untuk memanggang daging

Meskipun oven konveksi mungkin tidak cocok untuk semua jenis masakan, mesin ini sangat efektif untuk memanggang daging. Dengan cara yang tepat dalam menempatkan daging di rak pemanggang, konveksi akan langsung memproses makanan tersebut.

Bahkan Anda tidak perlu memarinasi daging tersebut. Namun, jika Anda ingin menggunakan bumbu marinasi tidak masalah. Anda bisa menunggu hingga tahap akhir memasak untuk mencegah bumbu menjadi terlalu karamel atau gosong.

3.    Lebih sehat

Convection oven tidak hanya mempercepat proses memasak, tetapi juga membantu Anda menciptakan makanan yang lebih sehat dengan hasil luar yang renyah dan interior yang lembut.

Selain itu, penggunaan minyak dan lemak dalam masakan dapat dikurangi secara signifikan, seperti saat menggoreng kentang goreng dengan hanya sedikit minyak untuk mencapai hasil renyah yang sama.

4.    Mudah digunakan

Oven konveksi didesain agar bisa digunakan dengan mudah, bahkan oleh pengguna yang baru pertama kali menggunakannya. Meskipun memerlukan beberapa penyesuaian, namun secara keseluruhan, pengoperasian oven konveksi terasa lebih sederhana dibandingkan dengan oven konvensional.

Anda hanya perlu mengatur suhu, menjaga panas, dan mungkin memutar adonan jika diperlukan selama proses pemanggangan.

5.    Hemat energi

Oven konveksi adalah salah satu jenis oven yang sangat efisien dalam penggunaan energi. Hal ini disebabkan oleh kapasitasnya yang besar dan waktu pemanggangannya yang lebih singkat, sehingga oven dapat beroperasi dalam waktu yang lebih pendek dan mengonsumsi lebih sedikit energi dibandingkan dengan jenis oven serupa lainnya.

6.    Hasil masakan lebih merata

Jika belum Anda tahu, kipas angin adalah salah satu kegunaan mesin convection oven. Oven konveksi tidak memiliki titik panas dan suhunya tidak berlebihan tinggi, karena kipas angin secara terus-menerus mengedarkan udara panas.

Hal ini menghasilkan suhu yang merata di seluruh bagian oven, sehingga Anda tidak perlu lagi menghadapi situasi seperti berbagai kue yang sudah kecoklatan di luar tetapi masih dingin di bagian tengah setelah disajikan.

Mesin convection oven adalah alat yang sangat berguna dalam dunia kuliner. Dengan kemampuan untuk memasak dengan merata dan efisien, mesin ini telah menjadi andalan banyak dapur komersial dan rumah tangga.

Kelebihan seperti kecepatan, konsistensi, dan fleksibilitas dalam memasak membuatnya tak tergantikan. Jika Anda mencari mesin convection oven berkualitas, PT. Gastro Gizi Sarana adalah pilihan terbaik.

Sebagai distributor resmi berbagai brand terkemuka, seperti Kolb, Roller Grill, dan Turbofan, mereka siap membantu Anda memenuhi kebutuhan dapur Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan memasak Anda!