Griddle adalah alat yang sangat berguna dalam dapur komersial, tetapi proses pemeliharaan mesin griddle merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Meremehkan perawatan mesin tidak hanya berdampak negatif pada peralatan, tetapi juga bisa berakibat serius pada kualitas dan keamanan makanan yang disajikan.

Seorang chef harus memprioritaskan penyediaan makanan berkualitas dan aman bagi pelanggan setianya dengan memastikan staf dapur menjaga kebersihan tangan, peralatan memasak, dan wajan komersial dengan cermat.

Kotoran yang menumpuk pada wajan tidak hanya berisiko bagi kesehatan, tetapi juga dapat membentuk lapisan minyak yang sulit dihilangkan. Lapisan ini mengganggu distribusi panas, mengancam matangnya makanan dengan baik, dan potensial menghadirkan risiko bagi pelanggan.

Proses pemeliharaan dan pembersihan mesin griddle juga tidaklah sulit dan dengan memberikan perhatian yang tepat, mesin Anda akan memberikan umur panjang dan membantu menjaga efisiensi dapur Anda.

Proses Pemeliharaan Mesin Griddle

1.    Pemeliharaan Harian

Produsen umumnya menyarankan untuk membersihkan griddle setiap hari, terutama jika digunakan secara intensif. Penting untuk selalu mengosongkan, mencuci, dan mensterilkan laci sampah pada akhir setiap hari kerja, atau bahkan lebih sering jika diperlukan. Untuk membersihkan wajan sehari-hari, Anda dapat menggunakan pembersih khusus yang memiliki formula untuk membersihkan mesin griddle.

2.    Lakukan Pemeliharaan Mingguan

Setiap minggu, matikan listrik mesin griddle dan biarkan wajan tersebut sampai benar-benar dingin. Gunakan kain bersih bersama dengan pembersih wajan yang tidak kasar agar tidak menggores permukaannya saat dibersihkan, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3.    Proses Pemeliharaan Bulanan

Setiap bulan, periksa dan kalibrasi ulang termostat wajan untuk menjaga suhu yang konsisten dan memastikan makanan berkualitas. Hal ini penting dalam proses pemeliharaan mesin griddle karena termostat yang tidak terkalibrasi dapat mengganggu proses memasak dan hasil akhir makanan.

Dengan perawatan bulanan ini, wajan akan selalu berfungsi optimal dan menghasilkan makanan yang aman dan berkualitas tinggi.

4.    Setiap 6 Bulan Sekali

Dalam dua kali dalam setahun, lakukan pemeriksaan visual terhadap bagian atas dan bawah mesin griddle. Pastikan juga untuk memeriksa tekanan pada wajan gas atau, jika wajannya listrik, disarankan untuk menghubungi seorang teknisi servis berpengalaman untuk memeriksa pembacaan ampere.

Proses Pembersihan Mesin Griddle

Selain pemeliharaan yang dilakukan setiap hari dan setiap enam bulan, Anda perlu juga mengetahui proses pembersihan mesin ini dengan baik.

1.Pastikan mesin griddle dimatikan dan didinginkan sebelum membersihkannya untuk menghindari risiko luka bakar akibat suhu tinggi.

2.Untuk mengatasi sisa-sisa makanan, gunakan alat pengikis yang dirancang khusus untuk membersihkan wajan. Pastikan untuk mematikan wajan sebelum mengikis untuk menghindari cedera.

3.Nyalakan mesin griddle dan tunggu sampai panas, lalu tambahkan air sabun untuk menghilangkan sisa minyak dan kotoran. Letakkan lap atau handuk di atas wajan, lalu gunakan alat pengikis lagi untuk membantu menyerap minyak dan kotoran yang lepas. Dorong kotoran yang belum terserap ke dalam wadah penampung.

4.Bersihkan baki mesin yang dirancang untuk menampung kotoran dan minyak di sekitar wajan. Setelah membersihkan permukaan wajan dan mengumpulkan kotoran ke dalam wadah penampung, lepaskan wadah penampung dari wajan, buang sampah ke dalam nampan, dan cuci wadah penampung dengan air hangat dan sabun. Disarankan untuk membersihkan wadah penampung sekali sehari atau saat sudah penuh.

Dalam menjalankan bisnis F&B, menjaga mesin griddle dengan baik adalah kunci untuk kelancaran operasional dan kualitas hidangan yang konsisten. Proses pemeliharaan mesin griddle, termasuk pembersihan dan perawatan rutin, tidak hanya meningkatkan umur mesin, tetapi juga memastikan keamanan dan kebersihan dapur.

Dengan mengutamakan pemeliharaan yang tepat, bisnis Anda dapat terus beroperasi tanpa hambatan dan menghasilkan hidangan berkualitas tinggi yang memikat pelanggan.

Ingatlah bahwa investasi dalam pemeliharaan adalah investasi dalam kesuksesan jangka panjang Anda di dunia bisnis F&B.