Hampir sebagian besar orang menyukai yang namanya kopi, baik itu kopi murni seperti espresso dan americano hingga dipadukan dengan bahan lainnya menjadi kopi susu ataupun cappucino. Bagi Anda pecinta kopi, sebenarnya Anda bisa membuat sendiri kopi sesuai takaran di rumah dengan mesin kopi espresso. Keberadaan mesin kopi yang tersedia saat ini tentu sangat membantu para pengusaha kopi, mulai dari skala kecil hingga coffee shop besar.

 

Peran penting mesin kopi espresso dalam gaya hidup modern sekarang tentu sangat penting, terutama bagi pengusaha kedai kopi kecil-kecilan. Sebab, di dalam sebuah mesin espresso terdapat beberapa bagian penting untuk menghasilkan kopi berkualitas, dan sajian lainnya yang menggunakan bahan dasar espresso.

 

Dalam artikel ini akan membahas peran penting mesin kopi espresso, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya hingga penggunaannya, Langsung simak ulasannya berikut ini.

 

Mengenal Mesin Kopi Espresso

Espresso berasal dari bahasa Italia yang artinya express atau cepat. Sementara mesin espresso merupakan alat pendukung untuk membuat rangkaian pembuatan kopi espresso. Mulai dari proses ekstraksi biji atau bubuk kopi sampai menghasilkan shot espresso secara otomatis.

 

Ketika Anda ingin membuat segala jenis minuman berbahan dasar espresso lebih baik menggunakan mesin espresso agar menghasilkan ekstraksi biji kopi berkualitas. Dari berbagai keunggulan yang ditawarkan mesin kopi espresso akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan proses pembuatan kopi espresso. Beberapa keunggulannya adalah:

 

  • Pemakaiannya cukup praktis dan mudah dioperasikan sehingga cocok untuk pemula.

  • Membantu proses pembuatan kopi dengan cepat dan higienis karena mampu bekerja secara otomatis sehingga menghemat tenaga.

  • Memudahkan dalam proses ekstraksi karena sudah terprogram dengan baik sehingga menghasilkan ekstraksi kopi yang berkualitas unggul.

  • Mesinnya terbuat dari material bahan berkualitas sehingga lebih awet dan daya tahannya yang tinggi.

 

Apa Saja Jenis Mesin Kopi Espresso

 

Peran penting mesin espresso dalam bisnis akan sangat membantu untuk mengakomodir kebutuhan para pelanggan yang lebih banyak, namun dengan tetap menjaga kualitas dan rasa kopinya.

 

Untuk itulah, banyak para pengusaha kopi yang mencari mesin kopi espresso. Di pasaran terdapat beberapa jenis mesin kopi espresso yang bisa dijumpai dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jenis-jenis mesin kopi tersebut adalah:

 

  1. Super-automatic

Jenis mesin kopi super-automatic yang sering digunakan terutama pada usaha kedai kopi kecil. Mesin kopi ini bisa melakukan proses pembuatan kopi secara otomatis, mulai dari menggiling, memadatkan, hingga memanaskan hanya dalam beberapa menit saja.

 

Pemakaiannya juga mudah, cukup dengan menekan satu tombol dan mesin akan langsung bekerja membuatkan kopi sesuai menu pilihan. Rata-rata mesin espresso ini dijual di kisaran Rp 30 juta.

 

  1. Automatic

Jenis mesin kopi espresso ini dikenal juga dengan istilah lainnya pod coffee. Banyak pengusaha yang menggunakan mesin kopi ini karena mudah dan praktis, terlebih desainnya yang keren dan modern. Memiliki ciri khas penggunaan kapsul dalam membuat kopi, Anda bisa mendapatkan mesin ini sekitaran harga Rp 5-10 juta.

 

  1. Semi-automatic

Mesin kopi jenis ini juga banyak digunakan pengusaha kopi, khususnya UMKM. Mesin ini sangat cocok bagi Anda yang ingin jadi barista profesional. Dari segi fiturnya, mesin espresso semi otomatis mirip dengan jenis mesin otomatis. Hanya saja yang membedakan adalah Anda bisa menakar, menggiling hingga memadatkan kopi sendiri sesuai pesanan.

 

Mesin kopi espresso semi-automatic ini terdiri dari 2 macam, yaitu manual control dan programmable doses. Manual control berfungsi untuk menghentikan proses ekstraksi kopi dengan cara manual sesuai keinginan. Sedangkan programme doses punya sistem otomatis dimana proses ekstraksi kopi akan berhenti jika kopi mencapai takaran yang sudah diatur sebelumnya. Harga mesinnya pun cukup terjangkau sekitar Rp 1-2 juta.

 

  1. Manual

Banyak yang menggunakan mesin kopi manual sebagai alat latihan membuat kopi saja. Proses membuat kopi pada jenis mesin manual semuanya ada pada kendali Anda. Beberapa coffee shop ada yang menggunakan mesin kopi jenis ini. Buat yang ingin latihan jadi barista disarankan pilih jenis mesin kopi manual.

 

Cara kerja dari mesinnya yaitu Anda harus menakar dan menggiling sendiri biji kopinya. Kemudian tamping, mengatur tekanan suhu, serta mengekstrak biji kopi. Umumnya mesin kopi jenis ini punya fitur fungsional yang lebih lengkap, seperti steam pressure gauge, boiler, manual lever dan portafilter yang berfungsi mengendalikan lama waktu ekstraksi kopi secara manual. Harganya di kisaran Rp 1 juta, cukup terjangkau kan!

 

  1. Komersial/Profesional

Kenapa dikatakan mesin kopi profesional karena memiliki ukuran sangat besar dan punya fitur yang sangat lengkap, sehingga jadi impian semua barista untuk bisa memilikinya. 

 

Salah satu keunggulan dari mesin kopi jenis ini yaitu memiliki lebih dari satu bagian pengekstrak kopi. Alasannya untuk mempercepat proses produksi kopi berbahan dasar espresso. Terlebih fitur yang dihadirkan pun lengkap dan terbaik di kelasnya, maka tak heran jika mesin ini banyak dijumpai di coffee shop skala besar. Hanya barista berpengalaman yang bisa mengoperasikan mesin kopi espresso jenis profesional. Untuk harganya rata-rata berkisar Rp 15 juta lebih.

 

  1. Pump

Mesin kopi espresso tipe pump ini juga tak kalah tangguhnya karena terbuat dari bahan stainless steel. Dengan adanya rotary pump bisa menyedot langsung dari galon air, dan ini sangat penting bagi untuk digunakan di kedai kopi atau cafe.

 

Ukurannya pun sangat besar sekelas mesin komersial lainnya serta menjamin steam uap yang kuat. Pada bagian boilernya dilapisi bahan aluminium yang membuatnya tahan lama dan menjaga kebersihannya. Mesin kopi komersial ini menggunakan rotary pump yang sangat aman dan mesinnya yang bandel.

 

Penggunaan Mesin Kopi Espresso

 

Minum kopi kini tak hanya bisa dinikmati di coffee shop maupun kafe. Bagi Anda peminum kopi sejati, menikmati dirumah pun bisa dilakukan dengan menggunakan mesin espresso.

 

Salah satu ritual yang membuat menarik dari minum kopi adalah ketika menyeduh kopi itu sendiri. Ritual ini jadi daya tarik tersendiri, baik itu memakai metode pour over, syphon, aeropress dan lainnya.

 

Setiap orang pastinya punya ritual seduh kopi khususnya untuk sajian espresso yang mewakili apa isi hati. Misalnya, membuat espresso dengan latte lalu menambahkan daya magisnya dengan rupa-rupa latte art di atasnya.

 

Tak hanya baristanya yang harus cakap, tetapi peran penting mesin kopi espresso juga harus mengetahui dengan benar karakter espresso serta mampu menciptakan kualitas sebenarnya.

 

Adapun manfaat Anda memiliki mesin kopi rumahan sendiri, diantaranya adalah:

  • Praktis

  • Hemat

  • Belajar membuat kopi sendiri

 

Seberapa Penting Mesin Kopi Espresso Untuk Usaha Coffee Shop

Peran penting mesin kopi espresso dalam bisnis coffee shop sangatlah vital karena ini adalah perlengkapan utama yang wajib dimiliki. Sebab, mesin kopi berkualitas akan menghasilkan minuman kopi yang baik mulai dari segi aroma maupun rasanya.

 

Hampir di setiap coffee shop menyajikan espresso dengan berbagai varian rasa. Untuk membuat secangkir espresso yang nikmat dan rasanya sedap, Anda membutuhkan mesin kopi yang handal.


Jadi, bukan tidak mungkin dengan mesin kopi Anda bisa mewujudkan mimpi untuk membuka bisnis coffee shop impian. Sehingga keberadaan mesin kopi espresso saat ini sangat penting untuk membantu khususnya para barista lebih mudah menciptakan minuman kopi yang nikmat.