Oven merupakan perangkat utama dalam sebagian besar dapur, baik itu di lingkungan komersial maupun rumah tangga. Ada berbagai varian oven yang dapat dipilih, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang masing-masing jenis oven dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat. Salah satu jenis oven yang mungkin kurang umum adalah convection oven atau oven konveksi. Ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jenis oven ini.

Oven konveksi, sering disebut sebagai “oven kipas”, memiliki fitur unggulan. Oven konveksi menggunakan sistem kipas dan ventilasi, yang tidak dimiliki oleh oven biasa. Kipas membantu menyebarkan panas secara merata, memungkinkan memasak makanan lebih cepat.

Ada beberapa jenis mesin convection oven yang ada di pasaran. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa Anda pilih.

Jenis Mesin Convection Oven di Pasaran

1.    True Convection Oven

True convection ovens kadang-kadang disebut sebagai “oven konveksi Eropa” dan ciri utama yang membedakannya dari oven biasa adalah adanya tambahan elemen pemanas ketiga.

Oven konveksi ini dilengkapi dengan tiga elemen pemanas, bukan hanya dua seperti oven konvensional. Jenis oven ini memberikan pemanasan yang seragam dan efisien, menghasilkan waktu memasak yang lebih singkat dan warna kecokelatan yang merata pada makanan.

2.    Regular Convection Oven

Oven dengan bantuan kipas atau konveksi biasa memiliki kipas di bagian belakang, namun tidak menyertakan elemen pemanas tambahan.

Oleh karena itu, karena kekurangan elemen pemanas ketiga ini, konsistensi hasil memasak mungkin terpengaruh dan efisiensi pemanasannya tidak seoptimal true convection ovens.

3.    Floor Model Convection Oven

Oven konveksi model lantai hadir dalam berbagai ukuran dan varian untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Model setengah ukuran cocok untuk dapur dengan ruang terbatas, sementara model ukuran penuh cocok untuk dapur dengan volume tinggi.

Anda dapat memilih dek tunggal atau ganda, yang memengaruhi ukuran dan kapasitasnya. Oven ini biasanya ditemukan di dalam toko roti dengan kedalaman yang memungkinkan pemanggangan merata dan memiliki fitur-fitur program, seperti “cook and hold” yang memungkinkan pengaturan termostat lebih rendah untuk memasak lambat hidangan daging.

4.    Countertop Convection Oven

Oven konveksi meja cocok untuk usaha makanan seperti kios makanan, truk makanan, toko serba ada, atau restoran cepat saji. Meskipun memiliki daya hingga 7700 watt, oven ini tidak memerlukan banyak ruang.

Mudah dipasang dan tersedia dalam berbagai ukuran, Anda dapat mengandalkannya untuk memasak berbagai hidangan, termasuk pizza, sandwich, atau makanan ringan.

5.    Double Convection Oven

Jenis mesin convection oven ini sangat cocok untuk dapur yang membutuhkan hasil produksi tinggi, karena Anda dapat menggunakan dua rak masak sekaligus.

Ukurannya lebih besar daripada sebagian besar varian lainnya, sehingga penting untuk memastikan ada cukup ruang yang tersedia.

6.    Steam Fan Oven

Jenis yang satu ini mengombinasikan dua metode memasak untuk mencapai hasil terbaik. Oven ini dilengkapi dengan wadah air yang perlu diisi untuk operasi yang optimal.

Dalam steam fan oven, aliran udara panas yang teratur memastikan pemanasan dan penguningan yang seragam, sementara uap menambah kelembapan pada saat dan jumlah yang sesuai.

7.    Microwave Convection Oven

Convection oven ini dilengkapi dengan elemen pemanas ekstra dan kipas angin, yang membantu menyebarkan panas secara merata ke seluruh ruangnya. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas seperti memanggang, baking, atau menggoreng.

Dalam dunia kuliner, pemilihan jenis mesin convection oven adalah langkah yang tak bisa dianggap enteng. Dari convection oven lantai yang ideal untuk dapur berskala besar hingga convection oven meja yang cocok untuk ruang terbatas, pilihan Anda memengaruhi hasil akhir hidangan Anda.

Demi memastikan kualitas memasak terbaik, penting untuk memahami perbedaan dan kegunaan masing-masing jenis. Jadi, pilihlah dengan bijak.

PT. Gastro Gizi Sarana hadir sebagai solusi terkemuka di Indonesia, menjadi Distributor Resmi dari berbagai brand Convection Oven terkemuka seperti Kolb, Roller Grill, dan Turbofan.

Temukan yang sesuai dengan kebutuhan dapur Anda dan nikmatilah hasil memasak yang luar biasa. Jangan ragu untuk menghubungi Gastro untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi profesional mengenai peralatan dapur komersial Anda.